Monday, March 14, 2016

Acara Pengukuhan Ketua RT Periode 2016-2019



Pengukuhan Ketua RT Periode 2016-2019 TERAS 4 - Acara Pengukuhan atau Pelantikan Ketua RT 004/RW 10 Kelurahan Kapuk Kecamatan Cengkareng Kota Administrasi Jakarta Barat dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 11 Maret 2016 bertempat di halaman depan rumah Bapak Sukardi selaku calon tunggal Ketua RT 004 untuk periode 2016-2019.
Acara tersebut berjalan dengan hikmah. Langit yang sebelumnya mendung berubah seketika menjadi cerah pada saat akan dimulainya acara pengukuhan Ketua RT pukul 19.30 WIB. Berikut ini susunan acara pada malam pengukuhan Ketua RT 004/ RW 10 Kelurahan Kapuk, Cengkareng – Jakarta Barat :
1.     Pembukaan.
2.     Laporan Pertanggung Jawaban Ketua RT 004/RW 10 sekaligus Penyerahan Inventarisasi RT kepada Panitia Pemilihan.
3.     Sambutan LMK ( Lembaga Musyawarah Kelurahan) RW 10 Bapak Sobri ,BA
4.     Penyampaian Surat Keputusan Peremajaan Ketua RT 004/RW 10 Kelurahan Kapuk oleh Ketua Panitia Bapak Sunarto.
5.     Sambutan Lurah Kapuk sekaligus Pengukuhan Ketua RT Terpilih dan Penandatanganan Berita Acara Pemilihan ( diwakili oleh Ibu Ari Lista-Kasie Pemerintahan).
6.     Sambutan Ketua RT Terpilih oleh Bapak Sukardi.
7.     Do’a oleh Bapak Satimin.
8.     Penutup. 

Dengan dipandu oleh Bapak Ustad Tohirin selaku pembawa acara, satu demi satu acara dilalui dengan penuh haru dan kebahagiaan. Tamu undangan dan warga TERAS 4 mengikuti jalannya acara sepenuhnya sampai selesai. Dari mulai menyanyikan lagu “Indonesia Raya” hingga mendengarkan pidato dari Ketua RT Terpilih Bapak Sukardi. 

Walaupun dalam acara tersebut tidak dihadiri oleh mantan Ketua RT Bapak Suparjo karena berhalangan hadir, namun tidak lupa Bapak Sukardi mengucapkan terimakasih atas pengorbanan dan pengabdiannya selama menjabat menjadi Ketua RT 004/RW 10 Kelurahan Kapuk. Acara Pengukuhan juga dihadiri oleh Bapak Ardali ,SH (Ketua RW 10), Bapak Nur Rahmat (Ketua RW 4), Bapak Andi (Tokoh Masyarakat RT 08), dan Ibu Suyanti (Ketua RT 15).

Tercermin sebuah kesederhanaan, ditambah masih belum siapnya istri dari Bapak Sukardi untuk mendapat julukan “Ibu RT”, dan belum siapnya Bapak Sukardi dalam menyampaikan pidatonya, justru semakin menambah daya tarik tersendiri di malam pengukuhan itu. 

Semua warga juga tahu, ini pertama kalinya Bapak Sukardi menjabat sebagai Ketua RT, sehingga semua memakluminya. Bagi kami warga TERAS 4, yang terpenting adalah bagaimana cara bapak Sukardi beserta staf-nya, nantinya bisa memimpin kami dan lingkungan dengan baik. 

Seperti kita ketahui, bahwa setiap kepemimpinan pasti ada yang Pro dan Kontra, akan lebih baik semua kita kembalikan lagi ke warga, biarlah warga yang menilai. Itu sedikit kutipan dari apa yang dikatakan bapak Sukardi setelah usai pelantikan atau pengukuhan. Sedangkan mengenai sambutan atau pidato Ketua RT, seiring dengan semakin bertambahnya jam terbang mungkin akan menjadi sebuah solusi. 

Berikut ini ketiga point penting yang dikutip dari pidato Ketua RT Terpilih Bapak Sukardi yang beliau janjikan pada saat nanti menjabat Ketua RT.
1.     Akan menjalin komunikasi yang baik dengan seluruh elemen masyarakat dan tidak membeda-bedakan satu sama lain.
2.     Menciptakan masyarakat yang Aman, Tenang, dan Kondusif, serta siap melayani masyarakat sesuai dengan tugas dan fungsinya serta dilandasi keikhlasan.
3.     Yang pamungkas adalah, di era Informasi dan Teknologi, beliau ingin memberikan wadah informasi dan kreativitas bagi warga RT 004 dengan membuat Website (Rumah Internet). Jadi, bagi warga yang ingin mengetahui Informasi seputar RT 4, laporan keuangan, laporan kegiatan, sosialisasi, ataupun Tanya Jawab, serta saran dan kritik, bisa Bapak2 dan Ibu2 sampaikan melalui Website atau Blog tersebut, Atau mungkin bagi warga RT 4 (bisa juga anaknya) yang mempunyai usaha atau bisnis online bisa juga mempromosikan-nya di website ini. Bisa juga bagi warga RT 4 yang anaknya pandai menulis, berkarya, dan lain sebagainya silahkan tampilkan di website ini. Jadi, tujuan utama pembuatan website ini adalah memberi informasi, mendidik, dan memberi ruang kreativitas bagi generasi muda di lingkungan RT 004. Penggunaanya cukup mudah, silahkan baca disini 

Bapak Sukardi sadar bahwa manusia tidak ada yang sempurna. Oleh karena itu, di akhir acara beliau meminta dukungan dan do’a serta kerjasama sepenuhnya dari seluruh warga TERAS 4, Para Ulama, dan Tokoh Masyarakat.

Bagaimana gambaran suasana pada malam pengukuhan tersebut ? Berikut ini karya foto dari : Agung, Agus Susanto, Dian Resti Asih, dan Edy Prasetyo.












No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik, demi menambah tali silaturahmi.